Minggu, 02 September 2012

Lift | Lift Passenger

CV. Mitra Lift Indo Pratama
Kontraktor Elevator [lift], Escalator, Dumbwaiter, Cargo Lift di Kalimantan Hub : Yadi Darmawan 0811 501 6019 - 0813 4959 6019



PERKEMBANGAN ELEVATOR


Lift atau Elevator adalah alat transportasi secara vertikal di dalam gedung bertingkat dan mempunyai prinsip dasar mekatronika yang memiliki bagian mekanik elektronik dan system kontrol.
Saat ini  elevator sudah mengalami berbagai perubahan, seiring dengan perkembangan teknologi yang mendampinginya/ dipergunakanya serta  mengalami perubahan bentuk dan jenisnya sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan pemasangan dilapangan. Namun demikian pada umumnya jenis penggerak lift dapat digolongkan menjadi 2 (dua) kelompok antara lain :
  1. Lift dengan sistem penggerak hydrolis (Hydraulic elevator)
  2. Lift dengan sistem penggerak dengan motor listrik (traction type elevator)
Ada perbedaan pokok diantara kedua jenis sistem penggerak lift tersebut yang perlu diperhatikan:
  1. Pada lift dengan sistem penggerak hydraulic jarak pelayanan terbatas / max 20m sedangkan pada lift dengan sistem penggerak motor traction jarak pelayanan tidak terbatas.
  2. Frekwensi pemakaian pada lift dengan sistem hydraulic terbatas ( 80 start / stop perjam) sedangkan pada lift dengan sistem penggerak motor traction lebih dari 80 start/ stop perjam.
  3. Kecepatan lift dengan sistem hydraulic max 90 mpm sedangkan pada lift dengan sistem motor traction secara teoritis tidak terbatas (1000 mpm).
Keterbatasan lift dengan sistem hydraulic masih sulit diatasi karena lebih banyak disebabkan factor material atau bahan dipergunakan dan teknik pabrikasi, bukan dari segi pengaturan.
Keterbatasan tersebut  antara lain,  karena keterbatasan kemampuan mesin (  yang ada saat ini ) untuk membuat piston yang panjang dan yang dapat memenuhi persyaratan teknis serta besarnya pengaruh perubahan kekentalan oil pada kecepatan lift.

A. Perkembangan Secara Umum

Sistem pengaturan pada elevator secara garis besar dapat dikelompokan menjadi 3 bagian utama:
  1. Pengaturan pada sistem pengerak / driving control
  2. Pengaturan pada sistem operasi / operation control
  3. Pengaturan pada sistem komando / group control
Perkembangan sistem pengaturan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat terutama setelah diperkenalkanya sistem digital pada sistem kontrol lift.
Perubahan tersebut merupakan reaksi nyata dari para produsen Lift atas tuntutan pelanggan akan effisiensi biaya operasi dan performance pemakaian yang lebih baik.

B. Perkembangan Pada sistem Operasi dan Group Control

Perkembangan pengaturan pada sistem operasi ini banyak dipengruhi oleh perkembangan dibidang elektronik.
Sejalan dengan perkembangan dibidang elektronik maka terjadi pula pergeseran pada sistem pengaturan sistem Operasi yang semula menggunakan Sistem RelayLogic kemudian ke Digital Analog kemudian ke Direct Digital Control.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar